PRODUCT

FILTRATION (PENYARINGAN)
Proses penyaringan dapat digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses pengolahan air. Dalam berbagai proses pengolahan air, penyaringan merupakan satu-satunya proses yang diperlukan. Selain itu, penyaringan bisa juga merupakan tahap pertama dari suatu proses pengolahan air yang cukup rumit. Berbagai peralatan untuk penyaringan air yang dapat kami sediakan adalah sebagai berikut.

Sand Filter
Multimedia Filter
Carbon Filter
Iron Filter
Cartridge Filter
Ultra Filtration (UF)

ION EXCHANGE (PENUKARAN ION)
Teknologi penukaran ion sebetulnya sudah digunakan selama bertahun-tahun dalam industri. Dalam perkembangannya, sekarang ini ada berbagai macam resin yang terdapat di pasaran untuk berbagai kebutuhan dan sistem regenerasi. Dengan demikian, memungkinkan adanya penghematan dalam investasi dan biaya operasional.  Peralatan penukaran ion yang paling sederhana digunakan di dalam softener dan yang lain adalah Double Bed Demineralizer serta Mix Bed Demineralizer.

Softener
Softener merupakan peralatan untuk menghilangkan kandungan ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dari dalam air. Dengan cara ini, kadar kesadahan (hardness) air. Prosesnya adalah menggantikan ion Ca dan Mg dari dalam air baku dengan ion natrium (Na).  Apabila softener telah melaksanakan tugasnya dengan baik, maka perlu dilakukan penambahan ion Na. Proses ini disebut sebagai regenerasi. Sumber ion Na adalah garam. Proses regenerasi dapat dilakukan dengan manual atau automatis (berdasarkan waktu atau volume air produk).

Double Bed Deminerlizer
Mix Bed Demineralizer
Untuk menghilangkan kadar ion-ion lain dari dalam air, selain ion Ca dan Mg, maka peralatan yang dapat digunakan adalah Double Bed Demineralizer atau Mix Bed Demineralizer. Resin penukar ion positif dan ion negatif dimasukkan ke dalam dua tangki yang berbeda di dalam Double Bed Demineralizer. Sementara pada Mix Bed Demineralizer, kedua jenis resin penukar ion tersebut dimasukkan di dalam satu tangki yang sama.

 Prosesnya menggunakan resin yang dapat menukar ion negatif (anion) dan ion positif (kation) dari dalam air. Dengan cara ini, akan diperolah air dengan kemurnian yang jauh lebih tinggi daripada air baku. Proses regenerasi pada Double Bed Demineralizer dan Mix Bed Demineralizer dapat dilakukan dengan manual atau automatis berdasarkan waktu atau kadar zat padat terlarut dalam air produk).


REVERSE OSMOSIS (RO)
Teknologi Reverse Osmosis atau biasa disingkat Ro merupakan teknologi yang paling cepat berkembang dalam pengolahan air. Sejak lama teknologi ini digunakan untuk menghasilkan air yang dapat digunakan sebagai sumber air minum dari hampir semua jenis air baku. Teknologi RO menggunakan membran khusus dan proses tekanan tinggi sehingga memungkinkan terjadi pemisahan berbagai unsur terlarut dari dalam air. Metode ini dapat menghasilkan air minum yang sesuai dengan baku mutu organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization). Sistem RO yang dapat kami sediakan dapat digunakan dalam berbagai jenis air baku sebagai berikut.

Tap Water  (Air PAM atau Air Sumur)
Brackish Water (Air Payau)
Sea Water (Air Laut)

DESINFECTION
Chlorination
Ultraviolet (UV)
Ozonation

CLARIFIER/SEDIMENTATION TANK
Rectangular Clarifier
Tube Settler
Inclined Plate Settler

OIL WATER SEPARATOR
Corrugated Plate Interceptor (CPI)
Oil Trap
Grease Trap

WATER TREATMENT PLANT
Surface Water Treatment (air sungai, air danau, air laut)
Deep Well Water Treatment (air sumur dalam)
Deep Well Installation (pengeboran sumur dalam)
Waste Water Recycle (daur ulang air limbah)


WASTE WATER TREATMENT
Sewage Treatment Plant (STP)
Industrial Waste Water Treatment (WWTP)
Sludge Dewatering Unit